29.9.10

PENJUAL IKAN CUPANG



Saat ini, penjual ikan cupang mudah ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia. Baik di sentra budidaya ikan cupang, sentra penjualan ikan hias maupun peternak ikan cupang secara perorangan yang langsung menjual hasil budidayanya.

Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi dimana penggunaan internet dalam dikehidupan sehari-hari seperti sudah menjadi kebutuhan. Maka semakin mudah saja bagi peminat dan hobiis untuk menemukan penjual ikan cupang. Di internet anda tinggal search di google dengan menuliskan "penjual ikan cupang" maka akan banyak anda temukan alamat bahkan nomor HP penjual yang bisa langsung dihubungi.

Begitu mudahnya menemukan penjual ikan cupang. Namun Anda harus berhati-hati dan cermat dalam memilih ikan cupang. Jangan sampai karena kekurangcermatan kita mengakibatkan penyesalan. Tentukan dahulu tujuan Anda membeli ikan cupang. Hanya Untuk sekedar penghias aquarium, untuk mainan anak-anak, buat indukkan untuk diternak, untuk kontes, atau untuk dijual lagi.

Pada dasarnya, penjual ikan cupang dapat dibagi dua kelompok yaitu :

1. Penjual berdasarkan kuantitas
Biasanya penjual dalam kelompok ini bisa ditemui di sentra penjual ikan hias. Di Surabaya banyak di temui di Jl Irian Barat. Sebagai salah satu sentra penjualan ikan hias di Jawa Timur, Jl. Irian barat banyak didatangi penjual ikan hias, termasuk penjual ikan cupang. Ikan yang dijual dengan harga partai umumnya tidak memperhatikan kualitas ikan. Yang penting dagangan cepat laku dan mereka cepat mendapat untung.

2. Penjual berdasarkan kualitas
Penjual ikan cupang kelompok ini menjual ikan dengan kualitas yang bagus. Walaupun pada dasarnya mereka juga mengejar kuantitas penjualan tetapi mereka tetap menjaga kualitas ikan yang dijual. Sehingga cupang yang dijual terkesan "mahal". Namun harga yang mereka tawarkan umumnya sebanding dengan kualitas ikan yang diberikan. Biasanya ikan yang dijual mempunyai keelokan, kombinasi warna dan bentuk tubuh yang bagus. Maka tak heran harganya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Salah satu tips untuk membeli ikan dengan kualitas yang bagus adalah dengan membeli pada penjual ikan cupang yang sudah mempunyai reputasi yang bagus dan sudah "terpercaya". Jadi kemungkinan untuk mendapatkan ikan bagus tapi jelek- ingat : penjual hampir selalu mengatakan bahwa barang dagangannya selalu bagus dan tidak ada yang jelek- bisa lebih diminimalisir. Terutama bagi pemula yang masih perlu banyak belajar untuk mengetahui kualitas ikan cupang yang baik.

Berikut ini adalah sentra penjual ikan cupang di Indonesia :

1. Badas dan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Jawa Timur
2. Jl. Irian Barat dan Jl Patua, Surabaya, Jawa Timur
3. Slipi, Jakarta Barat


Baca selengkapnya SARANG CUPANG - PUSAT INFO IKAN CUPANG HIAS: September 2010

28.9.10

PAKAN IKAN CUPANG



Terdapat berbagai macam pakan ikan cupang yang bisa didapat dengan mudah. Baik berupa makanan buatan maupun makanan alami. Namun secara umum, ikan cupang lebih menyukai makanan yang bergerak.

Berikut berbagai macam pakan ikan cupang :

1. Cacing Darah ( blood worm )
Cacing darah merupakan jenis pakan ikan cupang yang paling aman, khususnya bagi cupang dewasa. Dikarenakan kandungan lemaknya rendah sehingga tidak mengganggu organ reproduksi. Di pasaran cacing darah bisa didapatkan dalam keadaan beku ataupun masih fresh.


2. Cacing Sutra ( tubifex worm )
Cacing sutra sangat mudah didapat karena memang diperjualbelikan oleh pedagang ikan maupun pedagang umpan. Harga cacing sutra relatif lebih murah dibandingkan blood worm. Namun karena kandungan lemaknya tinggi maka kurang cocok diberikan untuk ikan cupang dewasa, karena cupang yang terlalu gemuk dapat berpengaruh pada organ reproduksinya. Cacing sutra cocok diberikan sebagai pakan ikan cupang untuk pembesaran.

3. Jentik Nyamuk ( Cuk )
Pada musim kemarau, Jentik nyamuk ini banyak diketemukan di air yang menggenang. Jika ingin menghemat biaya pakan ikan cupang, maka jentik nyamuk adalah salah satu solusinya. Jentik nyamuk adalah pakan ikan cupang yang paling murah. Kebanyakan petani ikan cupang hias mendapatkannya dengan mencari di got atau parit. Pemberian cuk jangan berlebihan karena cuk yang tidak termakan akan berubah menjadi nyamuk.

4. Kutu Air
Contoh kutu air adalah moina dan daphnia. Kutu air juga bisa dibeli melalui pedagang makanan ikan hias maupun dikultur sendiri. Untuk mengkulturkannya anda membutuhkan mangkuk air hijau. Ambil dan tambahkan sedikit ke tangki anakan ikan. Daphnia akan memakan seluruh kotoran microscopic, seiring dengan mereka makan, mereka akan mengambang dan sebagai kebalikannya anakan ikan akan memakan mereka. Sebagai salah satu pakan ikan cupang, kutu air juga bisa didapatkan di parit atau sungai kecil.

5. Artemia ( brine shrimp )
Artemia adalah embrio yang tadinya tertidur kemudian bangun. Artemia adalah sejenis udang primitif. Artemia merupakan pakan ikan cupang yang terjadi melalui metamorfosis ketika meraka bebas berenang. Burayak cupang sangat menyukainya. Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan artemia adalah 25-30 derajat celcius.

6. Vinegar Eel
Ini adalah pakan ikan cupang yang cocok untuk burayak cupang. Bentuk mereka lebih kecil dibanding brine shrimp dan sangat baik untuk makanan pertama. Untuk budidayanya anda membutuhkan kontainer yang lebar, cuka apel, potongan apel kecil dan starter Culture. Isi teko dengan campuran tersebut. Taruh ditempat gelap dan tinggalkan beberapa minggu.

7. Infusoria
Infusoria adalah pakan ikan cupang yang sempurna, terutama untuk anak cupang yang baru menetas. Infusoria berbentuk jasad renik atau ganggang renik. Anda bisa membuatnya dengan cara menyiapkan sayuran busuk kedalam wadah yang berisi air. Maka dalam beberapa hari akan terbentuk infusoria dengan jumlah yang berjuta-juta.

8. Paramecium
Pakan ikan cupang jenis ini gampang dan mudah diperoleh. Paramecium merupakan protozoa yang komplek yang merupakan makanan pengganti setelah anak ikan menetas. Pengulturannya menggunakan wadah kecil yang berisi air yang kemudian dituangkan sedikit Liquifry. Lalu wadah dibawa keluar untuk mendapatkan cahaya terang selama beberapa hari. Pemanenan paramecium dilakukan dengan cara menuangkan hasil kultur kedalam wadah yang berisi ikan cupang.

Baca selengkapnya SARANG CUPANG - PUSAT INFO IKAN CUPANG HIAS: September 2010

PENGEMBANGBIAKAN IKAN CUPANG



Tidak seperti pengembangbiakan ikan hias lainnya, pengembangbiakan ikan cupang termasuk yang paling mudah. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Tidak membutuhkan tempat yang luas, dapat dilakukan di dalam akuarium bahkan didalam bak plastik sekalipun.

Namun, sarana yang dibutuhkan untuk pengembangbiakan ikan cupang harus sesuai dengan syarat hidup dan kenyamanan cupang dalam berkembang biak. Hal ini untuk meminimalisir resiko kegagalan yang mungkin terjadi.

Wadah yang digunakan sebagai tempat pengembangbiakan ikan cupang harus bersih dari kotoran, sampah dan zat-zat yang berbahaya. Bahkan bila perlu wadah yang digunakan terlebih dahulu dibersihkan menggunakan klorin atau potassium permanganate. Kemudian dijemur dahulu kurang lebih 3 hari. Ini dilakukan untuk menjaga agar cupang dan burayaknya tidak teracuni oleh bahan kimia maupun menghindari serangan penyakit.

Wadah yang digunakan bisa berukuran 80 x 50 x 40 cm untuk tempat pengembangbiakan ikan cupang. Lalu diisi dengan air setinggi kurang lebih 10 – 15 cm. Didalam wadah sebaiknya dimasukkan tanaman air berupa ganggang, kapu-kapu atau daun ketapang. Ini digunakan untuk peneduh juga pelindung dari kemungkinan kanibalisme.

Air yang digunakan pun harus memenuhi standar kebutuhan ikan cupang. Cupang membutuhkan kualitas air yang baik untuk mempertahankan kualitas hidupnya. Untuk pengembangbiakan ikan cupang pun juga demikian. Karena cupang yang masih kecil atau burayak rentan sekali terhadap perubahan PH air.


Banyak yang menganggap mudah pengembangbiakan ikan cupang ini sehingga mereka kurang memperhatikan kualitas air. Agar tumbuh cepat besar burayak cupang tidak hanya tergantung pada faktor makanan saja tetapi juga tergantung pada faktor kualitas air. Air kolam yang baik dan sering diganti atau di siphon akan membuat burayak cupang lebih cepat besar, lebih sehat dan memiliki performance yang lebih bagus..

Umumnya, pengembangbiakan ikan cupang dilakukan dengan cara konvensional yaitu menyiapkan indukan jantan dan betina yang sudah siap kawin. Kemudian dimasukkan ke dalam kolam. Bila sudah bertelur maka ikan cupang betina harus segera diangkat dari kolam agar tidak memakan telurnya. Untuk selanjutnya ikan cupang jantanlah yang akan merawat telur tersebut sampai menetas. Bahkan si cupang jantan akan menjaga burayaknya 2 sampai 4 minggu kemudian.


Baca selengkapnya SARANG CUPANG - PUSAT INFO IKAN CUPANG HIAS: September 2010

PELUANG USAHA IKAN HIAS



Sebagai salah satu jenis usaha non formal, peluang usaha ikan hias ternyata bisa memberikan penghasilan yang layak bagi orang yang menekuninya. Baik sebagai sumber penghasilan utama maupun sebagai sampingan.

Banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari peluang usaha ikan ini. Sebagai peternak ikan hias maupun sebagai penjual ikan hias yang jenis nya sangat beragam. Bahkan ada beberapa peternak yang semula berprofesi sebagai pembudidaya ikan konsumsi seperti ikan gurami, nila, lele dan sebaginya, kini beralih menjadi pembudidaya ikan hias.

Hal itu karena jika dibandingkan dengan ikan konsumsi, ternyata peluang usaha ikan hias lebih potensial secara ekonomis dan memberikan keuntungan yang lebih besar. Harga ikan hias relatif lebih mahal dari pada ikan konsumsi sehingga mampu memberikan pendapatan yang lebih besar bagi petani ikan. Padahal pemberian pakan dan cara pemeliharaan ikan hias hampir sama dengan ikan konsumsi.

Ikan hias dihargai per ekor sementara ikan konsumsi dihargai secara kiloan. Ikan konsumsi memerlukan lahan yang luas karena lebih berorientasi kepada kuantitas. Sehingga budi daya ikan konsumsi memerlukan lahan yang lebih luas dan sarana yang lebih banyak jika dibandingkan budi daya ikan hias. Sehingga peluang usaha ikan hias ini masih terbuka lebar dan dianggap lebih prospektif.

Karena budidaya ikan hias lebih mementingkan kualitas maka bisa dilakukan dilahan yang sempit. Bahkan bisa dilakukan didalam aquarium maupun bak semen kecil. Secara umum ikan hias yang memiliki bentuk, warna dan corak yang bagus atau unik akan memiliki nilai jual yang tinggi. Beberapa contoh ikan hias yang memiliki harga jual yang tinggi dan banyak dicari hobiis antara lain ikan manfish, koki, cupang, komet, arwana, discus, black ghost, alligator, niasa, lemon dan sebagainya. Hal inilah yang membuat peluang usaha ikan hias ini masih terbuka lebar untuk digeluti.

Alasan lain mengapa peluang usaha ikan hias ini sangat menguntungkan adalah proses pemijahan dan perawatan burayak tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Sedangkan harga jual ikan hias tersebut tinggi. Apalagi terkadang penggemar ikan hias bersedia mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah demi untuk mendapatkan ikan hias yang diinginkan.

Salah satu peluang usaha ikan hias adalah dengan membudidayakan ikan hias yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga memberikan alternatif sumber penghasilan bagi pelakunya. Hal ini dikarenakan budidaya ikan hias memiliki keunggulan antara lain :

1. Teknologi yang digunakan cukup sederhana sehingga mudah diterapkan
2. Pasar yang menjanjikan baik lokal maupun ekspor
3. Perputaran modal cepat karena masa panen yang singkat
4. Dapat dilakukan dengan skala yang kecil


Baca selengkapnya SARANG CUPANG - PUSAT INFO IKAN CUPANG HIAS: September 2010

27.9.10

IKAN CUPANG DAN POPULARITASNYA



Ikan cupang atau betta splendens telah sejak lama dikenal dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sejak tahun 1960 ikan ini telah popular di tanah air. Tidak seperti jenis ikan lainnya, ikan jenis ini sangat mudah dipelihara disamping warna dan coraknya yang bervariasi. Sehingga ikan ini semakin digandrungi, mulai anak-anak di perkampungan sampai orang gedongan.


 Popularitas ikan cupang tidak pernah surut walaupun berbagai jenis ikan yang baru bermunculan. Memang pada saat booming louhan dulu, pamor cupang sempat menurun. Namun kini ikan cupang kembali menjadi primadona.

Ikan cupang terkenal akan agresif dan gemar berkelahi sesama jenisnya, sehingga ikan ini terkenal juga sebagai fighting fish. Warna tubuhnya yang warna-warni dan menarik menjadikan daya tarik tersendiri bagi penggemar dan penghobi untuk mengkoleksinya. Sehingga tidak jarang banyak hobiis yang rela mengeluarkan uang jutaan bahkan puluhan juta rupiah demi mendapatkan keindahan ikan ini


Habitat asli ikan cupang adalah daerah tropis dengan temperature antara 24-27 derajat Celcius. Perairan air tawar di Asia menyediakan begitu banyak faktor pendukung untuk menopang kehidupan ikan cupang, terutama Asia Tenggara.

Ikan cupang banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Brunei Darussalam. Saat ini, Indonesia merupakan eksportir cupang kedua terbesar didunia, setelah Thailand. Indonesia dan Thailand terkenal dengan cupang hiasnya, sementara Singapura terkenal dengan cupang adunya walaupun saat ini sudah tidak banyak lagi dikembangkan.

Secara garis besar jenis ikan cupang terbagi menjadi 3 :

1. Cupang Alam
Ikan cupang alam banyak ditemukan di habitat aslinya. Misalnya disawah atau di sungai di Sumatra, Kalimantan maupun Sulawesi.

2. Cupang Aduan
Cupang aduan memiliki sisik yang lebih tebal, gigi yang lebih tajam dan tenaga yang lebih kuat dibanding ikan cupang jenis lainnya. Disamping itu perawatan yang lebih dan relatif lebih tahan penyakit menjadi keunggulan tersendiri dari cupang aduan.

3. Cupang Hias
Cupang hias banyak digemari karena bentuk dan warnanya yang menawan. Mulai dari warna tradisional merah, biru, hijau, hitam hingga warna-warna kombinasi yang mempesona. Apalagi jika dilihat dari bentuknya, ikan cupang hias mempunyai bentuk ekor yang unik dikombinasi dengan warna yang indah.

Secara umum, jenis cupang hias dibagi menjadi :

A. Cupang Plakat
Merupakan jenis ikan cupang hias yang memiliki ekor yang pendek. Cupang plakat berasal dari cupang alam dan cupang aduan. Namun memiliki warna yang lebih berwarna warni dan bentuk sirip yang lebih indah.

B. Cupang Halfmoon ( Setengah Bulan )
Ikan cupang hias jenis ini mempunyai bukaan ekor 180 derajat dan mempunya sirip yang lebar. Gerakannya anggun dan sangat indah. Perkembangan halfmoon sangat pesat karena banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya karena terpesona dengan keindahannya

C. Cupang Serit ( Crown Tail )
Ikan cupang jenis serit adalah ikan cupang hias asli Indonesia. Siripnya yang panjang seperti sapu lidi adalah perpanjangan dari tulang siripnya. Hingga saat ini Indonesia dikenal sebagai penghasil cupang serit terbaik di dunia

D. Cupang Cagak ( Double Tail )
Ikan cupang jenis ini adalah mutan dari cupang ekor tunggal. Double tail memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor. Di Indonesia,double tail belum banyak diternakkan, karena tidak mudah untuk menghasilkan double tail yang proporsional.


Baca selengkapnya SARANG CUPANG - PUSAT INFO IKAN CUPANG HIAS: September 2010