Sebagai salah satu jenis usaha non formal, peluang usaha ikan hias ternyata bisa memberikan penghasilan yang layak bagi orang yang menekuninya. Baik sebagai sumber penghasilan utama maupun sebagai sampingan.

Banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari peluang usaha ikan ini. Sebagai peternak ikan hias maupun sebagai penjual ikan hias yang jenis nya sangat beragam. Bahkan ada beberapa peternak yang semula berprofesi sebagai pembudidaya ikan konsumsi seperti ikan gurami, nila, lele dan sebaginya, kini beralih menjadi pembudidaya ikan hias.

Hal itu karena jika dibandingkan dengan ikan konsumsi, ternyata peluang usaha ikan hias lebih potensial secara ekonomis dan memberikan keuntungan yang lebih besar. Harga ikan hias relatif lebih mahal dari pada ikan konsumsi sehingga mampu memberikan pendapatan yang lebih besar bagi petani ikan. Padahal pemberian pakan dan cara pemeliharaan ikan hias hampir sama dengan ikan konsumsi.

Ikan hias dihargai per ekor sementara ikan konsumsi dihargai secara kiloan. Ikan konsumsi memerlukan lahan yang luas karena lebih berorientasi kepada kuantitas. Sehingga budi daya ikan konsumsi memerlukan lahan yang lebih luas dan sarana yang lebih banyak jika dibandingkan budi daya ikan hias. Sehingga peluang usaha ikan hias ini masih terbuka lebar dan dianggap lebih prospektif.

Karena budidaya ikan hias lebih mementingkan kualitas maka bisa dilakukan dilahan yang sempit. Bahkan bisa dilakukan didalam aquarium maupun bak semen kecil. Secara umum ikan hias yang memiliki bentuk, warna dan corak yang bagus atau unik akan memiliki nilai jual yang tinggi. Beberapa contoh ikan hias yang memiliki harga jual yang tinggi dan banyak dicari hobiis antara lain ikan manfish, koki, cupang, komet, arwana, discus, black ghost, alligator, niasa, lemon dan sebagainya. Hal inilah yang membuat peluang usaha ikan hias ini masih terbuka lebar untuk digeluti.

Alasan lain mengapa peluang usaha ikan hias ini sangat menguntungkan adalah proses pemijahan dan perawatan burayak tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Sedangkan harga jual ikan hias tersebut tinggi. Apalagi terkadang penggemar ikan hias bersedia mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah demi untuk mendapatkan ikan hias yang diinginkan.

Salah satu peluang usaha ikan hias adalah dengan membudidayakan ikan hias yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga memberikan alternatif sumber penghasilan bagi pelakunya. Hal ini dikarenakan budidaya ikan hias memiliki keunggulan antara lain :

1. Teknologi yang digunakan cukup sederhana sehingga mudah diterapkan
2. Pasar yang menjanjikan baik lokal maupun ekspor
3. Perputaran modal cepat karena masa panen yang singkat
4. Dapat dilakukan dengan skala yang kecil

0 komentar