PENJUAL IKAN CUPANG

Saat ini, penjual ikan cupang mudah ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia. Baik di sentra budidaya ikan cupang, sentra penjualan ikan hias maupun peternak ikan cupang secara perorangan yang langsung menjual hasil budidayanya.

Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi dimana penggunaan internet dalam dikehidupan sehari-hari seperti sudah menjadi kebutuhan. Maka semakin mudah saja bagi peminat dan hobiis untuk menemukan penjual ikan cupang. Di internet anda tinggal search di google dengan menuliskan "penjual ikan cupang" maka akan banyak anda temukan alamat bahkan nomor HP penjual yang bisa langsung dihubungi.

Begitu mudahnya menemukan penjual ikan cupang. Namun Anda harus berhati-hati dan cermat dalam memilih ikan cupang. Jangan sampai karena kekurangcermatan kita mengakibatkan penyesalan. Tentukan dahulu tujuan Anda membeli ikan cupang. Hanya Untuk sekedar penghias aquarium, untuk mainan anak-anak, buat indukkan untuk diternak, untuk kontes, atau untuk dijual lagi.

Pada dasarnya, penjual ikan cupang dapat dibagi dua kelompok yaitu :

1. Penjual berdasarkan kuantitas
Biasanya penjual dalam kelompok ini bisa ditemui di sentra penjual ikan hias. Di Surabaya banyak di temui di Jl Irian Barat. Sebagai salah satu sentra penjualan ikan hias di Jawa Timur, Jl. Irian barat banyak didatangi penjual ikan hias, termasuk penjual ikan cupang. Ikan yang dijual dengan harga partai umumnya tidak memperhatikan kualitas ikan. Yang penting dagangan cepat laku dan mereka cepat mendapat untung.

2. Penjual berdasarkan kualitas
Penjual ikan cupang kelompok ini menjual ikan dengan kualitas yang bagus. Walaupun pada dasarnya mereka juga mengejar kuantitas penjualan tetapi mereka tetap menjaga kualitas ikan yang dijual. Sehingga cupang yang dijual terkesan "mahal". Namun harga yang mereka tawarkan umumnya sebanding dengan kualitas ikan yang diberikan. Biasanya ikan yang dijual mempunyai keelokan, kombinasi warna dan bentuk tubuh yang bagus. Maka tak heran harganya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Salah satu tips untuk membeli ikan dengan kualitas yang bagus adalah dengan membeli pada penjual ikan cupang yang sudah mempunyai reputasi yang bagus dan sudah "terpercaya". Jadi kemungkinan untuk mendapatkan ikan bagus tapi jelek- ingat : penjual hampir selalu mengatakan bahwa barang dagangannya selalu bagus dan tidak ada yang jelek- bisa lebih diminimalisir. Terutama bagi pemula yang masih perlu banyak belajar untuk mengetahui kualitas ikan cupang yang baik.

Berikut ini adalah sentra penjual ikan cupang di Indonesia :

1. Badas dan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Jawa Timur
2. Jl. Irian Barat dan Jl Patua, Surabaya, Jawa Timur
3. Slipi, Jakarta Barat

10 komentar