29.12.10

PERAWATAN IKAN CUPANG




Kebanyakan orang memilih ikan cupang untuk dibeli adalah menyesuaikan dengan selera mereka. Apakah dari warna, jenis ikan cupang, bentuk tubuh ikan atau bahkan dari segi kemudahan perawatan ikan cupang. Saat ini, ikan cupang plakat yang memiliki sirip dan bentuk ekor yang lebih pendek dari ikan cupang hias lainnya, dianggap sebagai ikan cupang yang paling mudah perawatannya. Mengapa ? karena ia lebih tahan dengan kondisi air tempat hidupnya.

Ketika ikan cupang baru dibeli maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana perawatan ikan cupang tersebut untuk selanjutnay. Salah satunya yaitu kondisi air yang akan digunakan sebagai tempat hidup ikan cupang. Sebaiknya air yang digunakan sudah diendapkan minimal selama 48 jam. Apalagi jika air yang digunakan adalah air PAM, maka pengendapan ini sangat baik untuk menghilangkan kandungan klorin didalamnya. Perawatan ikan cupang sejak awal membeli memang sudah harus dilakukan agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Banyak orang yang menempatkan ikan cupang di dalam botol bekas minuman. Hal ini kurang baik untuk perawatan ikan cupang, karena cupang kurang bebas bergerak dan mempertontonkan keindahannya. Paling tidak seekor ikan cupang membutuhkan minimal satu liter air untuk menunjang kehidupannya. Aquarium kecil yang berbentuk persegi panjang adalah tempat yang paling baik untuk ikan cupang. Hal ini karena aquarium tersebut memiliki permukaan yang lebar untuk pertukaran oksigen dan lebih mudah untuk membersihkan sehingga lebih mudah dalam hal perawatan ikan cupang.

Disamping itu, jangan menggunakan air yang sudah disuling karena dapat mengakibatkan ikan cupang kekurangan mineral. Sehingga kurang baik untuk perawatan ikan cupang. Anda bisa gunakan air ledeng atau air sumur yang sudah diendapakan atau diaerasi. Di Indonesia, air tanah memiliki PH antara 3.5 sampai 5 dan akan mendekati normal bila sudah diendapkan. Kondisi ini akan sangat menunjang perawatan ikan cupang. Penambahan garam ikan secukupnya bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar PH dan mencegah bibit penyakit yang mungkin masih tertinggal di tubuh ikan.
 

Untuk perawatan ikan cupang setiap harinya, hendaknya kotoran ikan disedot ( disiphon ) dan ditambahkan lagi air baru secukupnya. Penggantian air secara total bisa dilakukan seminggu dua kali. Memang sebenarnya, hal terpenting dalam perawatan ikan cupang terletak pada makanan, kondisi air dan kebersihan kolamnya saja. Bila hal ini dilakukan dengan rutin dan teratur maka keindahan ikan cupang akan terjaga. Penambahan daun ketapang kering juga sangat dianjurkan untuk mengondisikan air sesuai dengan habitat yang disenangi cupang.

Pemberian pakan dan vitamin akan membuat tubuh ikan semakin sehat dan bugar. Pakan yang diberikan bisa berbentuk buatan maupun pakan hidup tetapi kebersihan pakan dan pemberian nutrisi tetap harus diperhatikan. Nutrisi yang seimbang dan pemberian vitamin sangat baik bagi perawatan ikan cupang. Terutama untuk menambah kecemerlangan warnanya.

1 komentar:

  1. thanks mas infonya.. mas mau tanya kalo untuk memberi makan ikan cupang dengan cacing kering caranya bagamana to?

    BalasHapus